Enam Kesalahan Mendasar Trader Baru di Dunia Trading

1. Trading ketika pasar baru saja di buka.

Dalam beberapa menit setelah pembukaan, pasar biasanya bergerak kadang tidak terkontrol atau melompat-lompat secara tiba-tiba. Trader berpengalaman kadang mencoba pengetahuan mereka setelah menganalisa end of day. Dan memprediksi kemungkinan trend akan bergerak kemana. Tetapi Emosional pendatang baru biasanya tidak stabil dalam melihat harga yg tidak terkontrol.

2. Terburu-buru untuk taking profit.

Biasanya klo udah profit 50-100 pts, Kita udah tidak sabaran take profit tanpa melihat analisa kita yang kemungkinannya pasar akan berlanjut dan trend baru saja terbentuk. Jadi, klo kita sabaran kita bisa profit 5x lebih besar dari itu. Pakai TakeProfit Order jika harga bergerak tidak seperti biasa, atau level resistant yang kita pakai lewat dari garis. Lebih baik keluar dari pasar memakai StopLoss dan TrailingStop.

3. Menambah lot dalam posisi loss

Kita open buy, tapi harga malah turun. Kita sabar dan berpikir “ harga pasti bergerak naik kembali, Saya hanya open posisi buy terlalu cepat” dan menambah posisi buy dengan beberapa lot lagi (averaging) tanpa melihat trend yg terbentuk. Tapi ternyata harga terus turun dua kali dari posisi buy pertama kita. Ingat: Sebaiknya hanya menambah posisi dalam keadaan posisi kita lagi profit.

4. Revenge / Balas dendam

Situasi khas bagi seorang Trader baru : posisi loss baru saja di close dan kita langsung membuka posisi baru secara antusias untuk membalas loss yang baru saja terjadi. Ini biasanya akan menghasilkan loss lagi, Jadi jangan langsung kembali trading lagi kalau sudah loss. Istirahat dan perhatikan analisa kita lagi dan jangan terburu-buru mengambil posisi.

5. Terlalu banyak Locking

Untuk apa semua lockingan kita pelihara. Locking mengurangi margin kita untuk mengambil posisi baru. Terlebih lagi dapat menambah depresi dan takut akan mengambil posisi baru lagi dengan melihat loss kita dalam lockingan.

6. Doubts/ Ragu

Anda seharusnya tidak trading jika ragu dalam mempertahankan atau mengambil posisi baru, dan berkata “saya takut dengan ketidak pastian ini”. Jikalau begitu, Sebaiknya tutup semua posisi anda dan analisa kembali situasi yang terjadi atau pergi jalan-jalan ke pantai dulu untuk menenangkan pikiran.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home